Tenggarong, 4 Juni 2025 — Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diarpus) Kabupaten Kutai Kartanegara turut berpartisipasi dalam kegiatan On Desk Interview Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara.
Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya peningkatan Indeks SPBE di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, yang meliputi evaluasi terhadap aspek Manajemen Risiko, Manajemen Layanan, serta Reviu Arsitektur dan Peta Rencana SPBE.



Berdasarkan surat undangan resmi dari Diskominfo Kutai Kartanegara Nomor: B 96/DISKOMINFO/500.12.6.1/05/2025 tanggal 26 Mei 2025, Diarpus dijadwalkan mengikuti sesi wawancara pada Rabu, 4 Juni 2025 pukul 13.00–14.00 WITA. Pelaksanaan kegiatan berlangsung di Command Center, Lantai 1 Gedung Diskominfo Kutai Kartanegara.
Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari bidang teknis Diarpus yang telah ditunjuk, yaitu Hj. Rabiatul Isnaniah, S.E. selaku Kepala Subbagian Umum, Ketatalaksanaan, dan Kepegawaian, Endang Sri Wahyuni selaku Penata Kelola Sistem dan Teknologi Informasi serta Heni Marlina, S.P. selaku Pustakawan Mahir, perwakilan dari Bidang Pembinaan Perpustakaan.
Dalam kegiatan ini, mereka memaparkan dokumen Formulir Survei Manajemen Risiko SPBE yang telah diisi sebelumnya. Pada sesi wawancara, perwakilan Diarpus menyampaikan paparan mengenai identifikasi risiko serta strategi mitigasi terhadap risiko-risiko potensial dalam penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik di lingkup kearsipan dan perpustakaan.

Kehadiran Diarpus dalam kegiatan ini menjadi bukti komitmen perangkat daerah tersebut dalam mendukung transformasi digital pemerintahan serta peningkatan kualitas tata kelola dan layanan publik berbasis teknologi informasi. Kegiatan On Desk Interview SPBE ini dijadwalkan berlangsung selama dua hari, yaitu tanggal 3 hingga 4 Juni 2025, dan diikuti oleh 49 perangkat daerah serta bagian di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara.